Bagaimana Penggunaan Umpan Cumi dan Udang Pada Teknik Dasaran?

Bagaimana Penggunaan Umpan Cumi dan Udang Pada Teknik Dasaran?

umpan cumiFaktor utama penentuan umpan yang digunakan untuk teknik dasaran adalah lokasi mancing dan kedalaman. Ada dua macam yang umum digunakan, udang dan cumi. Bila lokasi (spot) berada di radius kurang dari 10 km dari bibir pantai dengan kedalaman di bawah 25 meter, maka umpan yang cocok digunakan adalah udang.

Kontur dasar laut berlumpur di laut dangkal menjadi alasan utama udang digunakan sebagai umpan, dimana udang masuk ke dalam mata rantai makanan di wilayah dangkal yang kerap jadi makan alami predator. Tapi jika sudah di radius lebih dari itu, umpan cumi lebih di gemari ikan-ikan di tengah laut.

Umpan yang digunakan tentu harus lah dalam keadaan segar dan sehat agar mampu mengundang minat makan ikan predator. Untuk itu kita harus memperhatikan cara pengaitan umpan ke mata kail agar umpan tidak mudah terlepas dan tetap terlihat alami. Kaitkan umpan di sisi ujung/buntut agar dapat bergerak dinamis.

Sebelum digunakan, letakkan umpan di tempat yang benar misalnya untuk cumi harus dibungkus rapat dengan plastik pada suhu rendah agar tidak terkena air atau es secara langsung di tempat penyimpanan. Sementara udang diletakkan di dalam bok es, dimana urutannya yaitu paling dasar es batu, lalu diberikan potongan kardus dan kain di atasnya untuk memperangkap suhu dingin. Udang diletakkan di bagian paling atas. Langkah ini dijamin akan membuat udang hidup akan bertahan lebih lama.

 

Sumber : sahabatmancing.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu